Baiklah teman-teman sekalian, pada kesempatan ini saya akan memberikan informasi tentang"Apa itu sistem teknologi dan informasi?" Langsung saja akan saya jelaskan apa itu sistem teknologi dan informasi dimulai dari pengertiannya, sistem teknologi dan informasi itu terbagi menjadi dua makna yaitu sistem informasi dan teknologi informasi, sistem informasi ini merupakan sebuah sistem yang menyimpan berbagai macam informasi dan data-data untuk membantu orang-orang sesuai dengan tujuannya masing-masing terhadap informasi atau data-data yang diperlukan. Sedangkan teknologi informasi adalah sebuah sarana yang diciptakan untuk membantu orang-orang untuk menulis, mengubah, menyimpan, bahkan mempublikasikan suatu informasi. Sehingga kesimpulannya bahwa sistem teknologi dan informasi merupakan seperangkat sistem-sistem sarana yang digunakan untuk mengakses juga menciptakan serta mengubah informasi dan data. Sekian penjelasan singkat tentang sistem teknologi dan informasi, selanjutnya saya akan membahas tentang perkembangan teknologi dan informasi yang terus berkembang pesat diera globalisasi saat ini.

Image result for gambar teknologi informasi dan komunikasi

Perkembangan sistem teknologi dan informasi saat ini sudah mencangkup diberbagai bidang dikarenakan tujuan utama dari sistem teknologi dan informasi sudah meluas untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan orang-orang saat ini, seperti belanja barang, hiburan, pangan dan sangan, dan bahkan pelajaran sehingga tujuannya sebagai penyedia informasi sekarang dipenuhi oleh bidang-bidang yang bisa diakses secara online diantaranya adalah transportasi online, e-commerce, market place, forum online, blog, bimbel online,layanan pemesanan online, media sosial, dan banyak lagi. Berikut saya akan menjelaskan beberapa bidang yang digunakan sering digunakan orang-orang saat ini :

1. E-commerce

Merupakan sebuah aplikasi maupun website yang dapat diakses secara online yang bertujuan untuk memudahkan orang-orang dalam melakukan belanja secara online dimanapun dan kapanpun juga pilihan barang yang diinginkan sangat bervariasi sehingga bisa memenuhi permintaan orang-orang dalam memilih barang yang ingin dibeli. Contoh e-commerce antara lain adalah tokopedia, bukalapak, shopee, dan lain-lainnya.

2. Transportasi online

Merupakan sebuah aplikasi yang bisa didownload secara gratis bertujuan untuk memudahkan orang-orang yang membutuhkan jasa transportasi darat untuk menuju suatu tempat yang ingin ditujuui secara cepat dan mudah. pemesanan transportasi dilakukan secara online juga memiliki berbagai jenis pembayaran yang tersedia untuk memudahkan orang-orang saat memesan jasa transportasi tersebut. Contoh transportasi online adalah gojek, grab, maxim, dan lain-lainnya.

3. Blog

Merupakan sebuah website yang dibuat oleh individu maupun kelompok yang berisikan informasi dari penulis untuk pembaca berupa berbagai macam kategori sesuai keinginan penulis blog/blogger  seperti kuliner, wisata, pengetahuan, dan lainnya. Contoh dari blog adalah BloagSpot.com, wordpress.com.

4. Layanan pemesanan online

Merupakan aplikasi ataupun website yang melayani orang-orang dalam pemesanan tiket transportasi seperti kapal, pesawat terbang, dan kereta api bahkan juga bisa membooking hotel yang terdekat semuanya secara online dan mudah. Contoh dari layanan pemesanan online adalah traveloka, tiket.com, dan lainnya.

5. Bimble online

Merupakan aplikasi juga website yang dapat diakses secara online, bertujuan untuk membantu siswa-siswi yang ingin melakukan pembelajaran jarak jauh secara online, bisa berupa lisan maupun tulisan antara pemberi materi/guru dengan pelajar sesuai materi dan subbab yang dibahas. Contoh dari bimble online adalah ruang guru, barinly, zenius education, dan lainnya.

6. Forum online

Merupakan sebuah website untuk menampung pembicaaran atau topik dari kumpulan orang-orang yakni masyarakat untuk mendiskusikannya bersama secara online. Contoh dari forum online adalah kaskus.com.

7. Media sosial
   
Merupakan sebuah aplikasi juga bisa diakses dalam website, dengan media sosial kita dapat mengakses dan berkomunikasi dengan teman-teman kita yang dekat dan jauh secara online. Media sosial juga memudahkan orang-orang untuk mencari teman-teman baru yang belum pernah dikenal karena jauh dari daerah masing-masing, dari situlah orang-orang akan mengenal kultur dari luas yang kita kenal juga dengan globalisasi hal ini sangat mudah tersebar di media sosial dimana hal ini dapat diakses mudah bahkan untuk anak sekalipun. Contoh dari media sosial adalah facebook, instagram, twitter, whatsapp, dan lainnya.

Baiklah sekian dari beberapa bidang yang sudah berkembang dalam sistem teknologi dan informasi pada saat ini, kesimpulan yang bisa kita ambil dari penjelasan diatas adalah sistem teknologi dan informasi sudah berkembang dengan perubahan waktu dimana keperluan pada saat ini sudah semakin banyak dan juga untuk memudahkan individu maupun masyarakat diseluruh negara. mungkin hanya ini yang bisa saya informasikan untuk sekarang semoga penjelasan yang diatas dapat membantu para pembaca untuk memaahami apa itu sistem teknologi dan informasi. Saya ucapkan terima kasih yang sebesa besarnya kepada pembaca.




0 Comments