Internet


Halo semuanya baik lagi di blog krivadon, kali ini pembahasannya adalah tentang internet. Internet adalah singkatan dari interconnected network. Internet merupakan sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan menggunakan paket protokol internet (TCP/ IP) untuk menghubungkan milyaran perangkat di seluruh dunia ini. Selain internet ada juga yang namanya intranet (internal network), yaitu suatu jaringan pribadi (private network) yang menggunakan internet untuk saling berbagi informasi di dalam jaringan lokal, contohnya: perusahaan, sekolah, universitas, dll.

Jika kita ingin menggunakan internet pasti kita memerlukan internet service provider (ISP), yaitu perusahaan yang menyediakan layanan internet. Seperti telkom (indihome), indosat, biznet, mnc play, dll. Beberapa layanan internet yang bisa kita gunakan adalah web, e-mail, e-commerce, e-banking, e-learning, chatting, voice over internet protokol (VOIP), file sharing, dll.

World wide web atau yang lebih kita kenal dengan singkatan www, merupakan sebuah istilah yang diberikan untuk seluruh bagian internet yang dapat diakses pengguna melalui web browser (internet explorer, google chrome, opera, mozilla, dll.). Sedangkan fungsi dari www adalah sebagai sebuah informasi global yang menghubungkan pengguna jaringan internet (user) ke server serta user lainnya untuk menyajikan data-data, dokumen, serta berbagai macam informasi yang dapat digunakan bersama dengan bahasa HTML.

www ini menggunakan protokol HTTP (hypertext transfer protokol), adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi (application layer) yang dikembangkan untuk membantu proses transfer antar komputer pada www (world wide web). Definisi dari HTTPS (hypertext transfer protokol secure) sama dengan HTTP hanya saja HTTPS memiliki kelebihan di bidang keamanannya. HTTPS memakai secure socket layer (SSL) atau transport layer security (TSL) sebagai sub layer bawah lapisan aplikasi HTTP biasa.

Internet protokol address atau lebih dikenal dengan IP adalah deretan angka biner yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan internet. Contoh: 202.67.45.7

Domain name system (DNS) adalah sebuah sistem yang menyimpan nama host ataupun nama domain di dalam jaringan internet. Seharusnya jika kita ingin membuka suatu web kita harus menulis alamat ip-nya. Namun, dengan adanya dns kita bisa membuka suatu web hanya dengan menuliskan domainnya saja tanpa perlu menghafal alamat ip-nya satu-satu.

URL (uniform resource locator) adalah rangkaian karakter dengan format standar tertentu, yang digunakan sebagai petunjuk alamat dari sebuah dokumen, gambar, atau teks di internet. URL ini memiliki empat bagian, yaitu:
  • Protokol : contoh, http:// atau https://
  • Domain : contoh, krivadon.blogspot.com
  • Directory : untuk menunjukkan lokasi dan nama dokumen atau program dalam server tersebut. Contoh: /2020/06/teknologi-canggih-masa-kini-3d-printer.html 
Maka, dari penjelasan di atas contoh URL-nya adalah https://krivadon.blogspot.com/2020/06/teknologi-canggih-masa-kini-3d-printer.html.
Sekian untuk pembahasan kali ini terima kasih dan semoga bermanfaat :)

0 Comments