Model Bisnis Internet


          Halo semuanya bagaimana kabarnya ? saya harap semuanya baik-baik saja. Kembali lagi di blog Krivadon yang mana kali ini kita akan membahas tentang model bisnis online di mana kita dapat menghasilkan uang secara online. Bisnis sendiri merupakan suatu kegiatan baik perorangan maupun organisasi yang menjual barang atau jasa untuk memperolah keuntungan atau laba.

            Bisnis sendiri memiliki konsep yang mana konsepnya ialah Creat Produk > Sell > Profit. Dari konsep ini dapat kita ketahui bahwa pada dasarnya bisnis di lakukan demi mencapai laba/profit. Namun, ketiga tahapan ini tidak dapat di pisahkan yang mana sebelum dapat menghasilkan profit kita harus dapat membuat produk dan menjualnya terlebih dahulu. Jika salah satu tahapan tidak dapat terpenuhi yang kita lakukan tidak dapat di sebut dengan bisnis.

            Model bisnis sendiri ada 3 yang pertama ialah B2B (Business to Business) yang mana artinya di sini pembuat barang/jasanya adalah sebuah perusahaan dan target pasarnya sebuah perusahaan. Bisnis B2B sendiri contohnya seperti Jual Website, Jual Sistem Informasi , Jual logo, dll yang mana pembuatnya adalah suatu perusahaan dan pembelinya suatu perusahaan juga. Selanjutnya ada model bisnis B2C (Business to Customer) yaitu bisnis yang pembuat barang/jasa nya adalah perusahaan sedangkan target pasarnya adalah perorangan. Contoh dari bisnis ini seperti Jual Barang Pribadi, Jual makanan, dll yang mana pembuatnya adalah perusahaan sedangkan pembelinya adalah perorangan. Model bisnis yang terakhir ialah C2C (Customer to Customer) di dalam model bisnis ini baik pembuat barang/jasa nya maupun target pasarnya sama-sama perorangan. Contoh barang yang di jual bisa sama seperti model bisnis B2C hanya saja dalam kuota yang lebih kecil karena di buat oleh perorangan saja.

            Untuk kesempatan kali ini saya akan memperkenalkan model bisnis internet dalam bentuk Website (Blog). Kenapa saya memperkenalkan Website ? jawaban karena di dalam bisnis ini siapa saja bisa memulainya dan juga modal yang dibutuhkan tidak lah besar tetapi keuntungan  yang bisa di capai cukup besar tergantung dari bagaimana keseriusan kita dalam mengolah Website kita. Untuk Website yang dapat menghasilkan uang pertama-tama ada beberapa persyaratan yang harus di penuhi terlebihd dahulu. Untuk syarat yang pertama yaitu kita harus memiliki trafic yang bagus, jumlah yang di sarankan adalah 1000 pengunjung perhari. Jika trafic kita sudah cukup baik selanjutnya peringkat website kita dalam kategori Domain Autority dan Page Autority haruslah cukup tinggi, kita dapat mengeceknya di MOZ.

            Setelah syarat tadi terpenuhi kita dapat menghasilkan uang dengan beberapa cara Display ads, Program Affiliasi, Menjual produk sendiri, Job Review, Content Placement, Kompetisi, Event, dll. Display ads adalah sebuah layanan di mana kita dapat menaruh iklan di website kita dan penghasilandapat datang apabila ada yang mengklik iklan kita. Program Affiliasi adalah program kerjasama antara website kita dengan suatu E-Commerce, Penyedia Hosting, dll. Sistemnya adalah kita akan menyertakan link untuk membeli barang/jasa di tempat mitra kita dan jika ada orang yang mengklik dan membeli barang di sana maka kita akan mendapatkan komisi. Dan masih banyak lagi cara mendapat uang dari website tinggal bagaimana cara kita mengelolahnya saja.

0 Comments