Internet Marketing


            Halo teman-teman kembali lagi di blog Krivadon yang mana kali ini kita akan membahas mengenai Internet Marketing. Oke tidak usah lama-lama langsung saja kita bahas. Internet marketing sendiri adalah usaha untuk memasarkan produk/jasa dengan menggunakan media elektronik atau internet. Biasanya internet marketing menggunakan media seperti website, media sosial, youtube, e-mail, dll.

            Kenapa sih kita membutuhkan internet marketing ?, nah jadi ada beberapa alasan mengapa kita memerlukan internet marketing yang pertama karena teknologi sudah berkembang sangat luas yang mana angka melek teknologi sekarang sudah cukup besar. Teknologi bukan lagi hal yang tabu dalam masyarakat malahan sudah menjadi kehidupan sehari-hari. Seiring dengan berkembangannya teknologi membuat  internet marketing menjadi sangat efektif dalam strategi pemasaran.

            Selanjutnya di zaman sekarang ini semuanya sudah mulai berahli dari yang semau tradisional (offline) berpindah ke yang lebih modern (online). Tidak bisa di sanggah lagi bahwa sekarang ini semuanya serba online bahkan memesan makanan dan ojek pun secara online. Begitu pula dengan pemasaran sekarang pemasaran sudah mulai memasuki dunia online. Bukti bahwa pemasaran sudah memasuki tahap modern seperti banyaknya market place, e-commerce, dan iklan baris yang beredar luas dalam masyarakat.

            Jadi sekarang proses jual beli barang tidak lagi tradisional dan proses pemasaran juga sudah di lakukan menggunakan internet marketing. Hal ini di karenakan penggunaan internet marketing lebih efektif dan efisien dibandingkan menggunakan pemasaran yang tradisional. Jadi bagaiman cara kita melakukan internet marketing ? nah jadi ada beberapa cara langsung saja kita bahas :

1.      Riset Produk

Yang pertama kali harus kita lakukan ialah riset produk. Riset produk ialah kegiatan untuk mencari tahu ha-hal apa saja yang memiliki peluang untuk di jadikan produk/jasa. Untuk mempermudah riset produk kita dapat menggunakan bantuan dari Google Trend ataupun Google Keyword Planner yang mana website ini akan membantu kita mencari tahu apa saja yang belakangan ini paling di cari orang-orang yang berselancar di dunia internet. Menentukan produk/jasa yang akan di pasarkan sangatlah penting, karena semakin baik kita memilih prduk/jasa maka semakin besar pula peluang usaha kita akan berhasil.

2.      Riset Persaingan

Setelah menemukan produk/jasa yang akan di pasarkan kita harus juga melakukan riset persaingan. Kita harus melihat persaingan pasar mana yang dapat kita masuki dan persaingan pasar mana yang paling besar kemungkinan usaha kita akan berhasil. Setelah melihat persaingan pasar yang ada kita akan memiliki pandangan kedepan plan apa saja yang harus kita lakukan untuk memenangkan persaingan di pasar yang ada.

3.      Buat/Cari Produk

Selanjutnya ialah membuat atau mencari produk/jasa yang kita akan pasarkan. Kita dapat membuat sendiri produk kita atau kita hanya mencari produk yang akan di pasarkan untuk kemudian di jual kembali. Semakin berkualitas produk/jasa yang kita miliki maka akan semakin besar pula kemungkinan keberhasilan usaha kita.

4.      Mulai Marketing

Langkah terakhir ialah memulai marketing. Kita bisa mulai memasarkan produk kita di website, medsos, ataupun media lainnya. Pemasaran yang kita lakukan harus semenarik mungkin agar menarik minta orang-orang untuk membeli produk ataupun jasa yang kita pasarkan.

            Selain memasarkan produk ataupun jasa kita juga dapat membuat website sendiri ataupun blog untuk medapatkan pendapatan. Kenapa blog? Karena di dalam blog kita tidak perlu produk ataupun konsumen melainkan konten yang akan kita publish untuk di lihat orang-orang. Selain itu dalam mengelola blog juga kita memiliki waktu yang fleksibel dan hanya menggunakan sedikit modal. Dengan semua kemudahan tersebut kita bisa mendapatkan pendapatan tetap yang bersifat pasif, bagaimana tertarik untuk membuat blog ?

            Sekian saja dahulu untuk pembahasan kali ini semoga bermanfaat.

0 Comments